Text Line

Kita Bangsa yang Besar, Jangan Mudah Untuk Diadu Domba

Teks

Mohon Maaf Jika Anda Kurang Nyaman, Karena Blog Masih Dalam Perbaikan

Rabu, 29 Desember 2010

Harga Emas Mahal Lagi

   Usai menguat hingga USD20, harga emas di pasar spot akhirnya mereda. Harga komoditas safe heaven ini akhirnya kembali turun tipis dan berada di level USD1.403,67 per ounce.

   Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (29/12/2010), harga emas naik dipicu oleh tingginya permintaan. Padahal, data ekonomi terbaru di Amerika Serikat (AS) tampak tidak kurang optimis.

   Harga emas di pasar spot turun 0,1 persen menjadi USD1.403,67 per ounce. Padahal sebelumnya, harga emas ini melesat hingga USD20. Sementara harga emas di pasar berjangka AS turun USD1,2 menjadi USD1.404,5 per USD.

   Perak di pasar spot turun 0,3 persen menjadi USD30,16, setelah menyentuh sesi tertingginya USD30,27, sekitar 40 sen dari level tertingginya selama 30 tahun terakhir di USD30,68 pada 7 Desember lalu.

  Sementara nilai tukar dolar AS tampak kembali menguat pada Rabu pagi ini, setelah terjadinya perlawananya atas rekor terendahnya terhadap franc Swiss. Ini adalah permintaan atas obligasi negara AS yang meningkat, sehingga meningkatkan permintaan atas dolar.

   Sementara analis Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsaih menjelaskan jika keyakinan konsumen AS (Conference Board’s) untuk bulan Desember turun ke level 52,5 lebih rendah dari ekspektasi analis.

   Konsumen, lanjutnya masih merasa belum yakin dengan ketersediaan lapangan kerja di tahun 2011. Kendati penjualan ritel pada musim liburan ini mencatat kenaikan 5,5 persen yoy, lebih tinggi dari penjualan tahun lalu untuk musim yang sama yaitu 4,1 persen, tetapi disaat yang sama harga rumah masih terus turun satu persen mom di bulan Oktober.

   Ambivalensi data-data ini bisa jadi mengindikasikan penguatan ekonomi AS yang belum stabil atau kemungkinan penguatan dalam lima bulan terakhir lalu lebih karena faktor musiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar