Text Line

Kita Bangsa yang Besar, Jangan Mudah Untuk Diadu Domba

Teks

Mohon Maaf Jika Anda Kurang Nyaman, Karena Blog Masih Dalam Perbaikan

Selasa, 21 Desember 2010

Emas Rebound Atas Permintaan Haven Ditengah Mendalamnya Krisis Eropa

   Emas naik ketiga kali dalam pekan ini sejalan dengan kecemasan terhadap krisis fiskal di
kawasan Eropa yang semakin mendalam sehingga meningkatkan permintaan investor terhadap logam sebagai asset safe haven.

   Obligasi Irlandia turun setelah Moody’s Investor Service memangkas peringkat utang pemerintah tersebut. Agen pemeringkat itu pekan ini juga telah mengatakan akan men-downgrade obligasi Spanyol. Emas sejak awal tahun telah naik 26% dan sedang menuju gain tahunannya yang ke-10, ditengah kekalutan masalah utang global danpembelian surat-surat hutang dari the Fed AS.
   The Fed telah membuka jalan dalam pembelian obligasi, dan krisis utang zona Euro kembali memanas,” kata Matt Seman, pedagangan logam dari LaSalle Futures Group di Chicago. “Hal itu akan memberikan alas yang kuat bagi kenaikan emas.”

   Kontrak berjangka emas pengiriman Februari naik $8.20 atau 0.6% ke harga penyelesaian $1379.20 per ounce di Comex, New York. Logam tersebut menyentuh rekor pada 7 Desember ke $1432.50. Harga emas untuk pekan ini turun sebesar 0.4%, yang merupakan penurunan mingguan untuk kedua kali.

   The Fed pekan ini tetap mempertahankan rencananya untuk buy back obligasi senilai $600 milyar untuk mendorong perekonomian. Sementara suku bunga acuan AS juga tetap dipertahankan pada rekor rendahnya dibawah 0.25% selama dua tahun terakhir.

   Hingga kemarin, asset emas dalam exchange-traded products naik sebesar 17% di tahun ini ke 2,097.83 metrik ton, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomber dari 10 provider.
bloomberg.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar