Text Line

Kita Bangsa yang Besar, Jangan Mudah Untuk Diadu Domba

Teks

Mohon Maaf Jika Anda Kurang Nyaman, Karena Blog Masih Dalam Perbaikan

Senin, 03 Januari 2011

Emas Siap Catat Rekor, Naik 10 Tahun Beruntun

   Emas menurun pada hari Kamis namun harga masih di jalur untuk mencatat kenaikan tahunan terbesar dalam tiga tahun untuk rekor keuntungan tahunan ke-10 berturut-turut pada ketidakpastian tentang pemulihan ekonomi dan mata uang.

   Perak dan paladium, komoditas dengan performa rerbaik tahun ini, juga menyentuh tertinggi multi-tahun pada harapan permintaan bullish untuk tahun depan.

   Tahun ini, emas telah mendapatkan imbas positif dari pembelian safe haven pada kekhawatiran tentang krisis utang zona Eropa, program pembelian obligasi AS senilai $600 miliar dan permintaan baru dari bank sentral global, yang diharapkan menjadi net-buyers untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade .

   Pada hari Kamis, emas menurun setelah data AS yang optimis, termasuk klaim pengangguran, data aktivitas bisnis dan penjualan rumah menopang pandangan ekonomi mendapatkan momentum seiring berakhirnya tahun.

   Spot emas tergelincir 0,4% menjadi $1,404.80 per ons pada 01.52WIB. Emas mencatat rekor tertinggi di $1,430.95 pada 7 Desember.

   Emas berjangka AS untuk pengiriman Februari turun $7,60 per ons pada $1,405.90.

   Harga emas siap untuk membukukan kenaikan 28%, kinerja tahunan terkuat sejak naik 31% pada tahun 2007 ketika krisis keuangan global terjadi.

   Krisis utang zona euro, yang terungkap pada bulan April tahun ini dan mencapai puncaknya pada dana bailout internasional bernilai miliaran euro untuk Yunani dan Irlandia, telah menjadi salah satu pendorong utama permintaan investasi untuk emas.

   Perak berada pada tertinggi sejak awal tahun 1980 dan di jalur untuk lonjakan 83% tahun ini, kinerja terkuat dalam setidaknya 27 tahun terakhir.

   Investor telah berbondong-bondong ke perak tahun ini sebagai alternatif safe haven yang lebih murah disbanding emas, yang mencapai rekor tertinggi $1,430.95 per ons pada awal Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar