Text Line

Kita Bangsa yang Besar, Jangan Mudah Untuk Diadu Domba

Teks

Mohon Maaf Jika Anda Kurang Nyaman, Karena Blog Masih Dalam Perbaikan

Selasa, 30 Agustus 2016

Golkar Merapat ke Partai Komunis Cina (PKC)

Pertemuan Partai Komunis China (PKC) dengan Partai Golkar di Wanshou Hotel, Beijing

Be Bi Pro News, Beijing - Delegasi pengurus Golkar yang diundang ke China merapat ke Partai Komunis Cina (PKC).

Pada saat pertemuan dalam diskusi antara PKC dan Golkar di Wanshou Hotel, Beijing, Senin (29/8/2016), peneliti senior PKC Zhang Shiyi bercerita tentang aspek-aspek manajemen partai yang dianut PKC. Salah satunya adalah meningkatkan semangat antikorupsi.

"Istilahnya 'harimau' atau 'lalat' harus dihabisi. Harimau itu istilah untuk koruptor besar dan lalat untuk koruptor kecil," kata Zhang.

Sejak kongres PKC ke-18 pada November 2012 silam, banyak 'harimau' sudah ditangkap. Beberapa di antaranya adalah pejabat tingkat tinggi seperti anggota tetap politburo, gubernur, hingga komisi militer.

Zhang menuturkan bahwa PKC sejak 2 tahun lalu sudah menerbitkan berbagai peraturan untuk menekan angka korupsi. Ada peraturan self-discipline hingga pertanggunjawaban.

"Di China banyak fenomena korupsi, tapi PKC sekarang semakin meningkatkan sanksi ke koruptor," ujarnya.

Salah satu anggota delegasi yaitu Wasekjen Golkar Ace Hasan Syadzily sempat bertanya soal mekanisme pengawasan di internal partai yang dilakukan oleh PKC. Termasuk soal lembaga pengawasan khusus yang dimiliki PKC.

"Kami punya lembaga yang khusus menangani permasalahan dan disturbing (gangguan). Namanya komisi pengawasan dan disiplin komite sentral PKC," jelas Wang.

Lembaga pengawasan itu tidak hanya ada di tingkat pusat, melainkan juga di tingkat kota dan distrik. Pimpinan lembaga ini yang menjadi kunci pemberantasan korupsi di PKC.

"Dia (pimpinan lembaga pengawasan) kalau tidak ada di TV selama sebulan, berarti akan ada 'harimau' yang akan jatuh," ujarnya.

Delegasi Pengurus Golkar berada di China atas undangan dari International Department Communist Party of China (IDCPC). Sebelum ke Beijing, delegasi juga sudah mengunjungi 3 kota di China yaitu Nanjing, Nantong, dan Xi'an.

Delegasi terdiri dari Ketua DPP Golkar Meutya Viada Hafid sebagai ketua delegasi, Wasekjen Golkar Ace Hasan Syadzily, Ketua Departemen Hubungan Luar Negeri Golkar Emmalia Natar, Wasekjen Golkar Melki Laka Lena, Wabendum Golkar Selina Gita, Wabendum Golkar Sari Yuliati.

Pertemuan Partai Komunis China (PKC) dengan Partai Golkar di Wanshou Hotel, Beijing.

Kemudian Wabendum Golkar Ernawati Tahang, Ketua Departemen Otonomi Khusus Golkar Fauziah Pujiwatie, Anggota Departemen Pembangunan Daerah dan Pedesaan Marleen Jeanne Petta, serta Ketua Departemen Organisasi Golkar Rofiqul Umam. 

Ada pula Sekjen Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Andi Nursyam Halid, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri AMPG Syafaat Perdana, serta Wabendum AMPG Siti Harumi Prima Sari.




Sumber ; detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar