Text Line

Kita Bangsa yang Besar, Jangan Mudah Untuk Diadu Domba

Teks

Mohon Maaf Jika Anda Kurang Nyaman, Karena Blog Masih Dalam Perbaikan

Minggu, 31 Juli 2016

Kronologi Kerusuhan Warga Karo VS Polisi, Versi Masyarakat Yang Tak Diungkap Oleh Pihak Kepolisian

Exavator Yang di Bakar Oleh Warga
Be Bi Pro News, Kab. Karo - Setelah terjadi kerusuhan jumat, 29 Juli 2016, pihak kepolisian resort karo mengeluarkan pernyataan terkait kronologi kejadian bentrokan terkait antara masyarakat lingga dengan pihak kepolisian. Namun masyarakat merasa hal tersebut tidak berimbang, sehingga pihak masyarakat akhirnya juga mengeluarkan penyataan terkait kronologis kejadian bentrokan antara masyarakat lingga dengan pihak kepolisian versi masyarakat lingga. Berikut teknologinya ;

1. Sekitar jam 12.30 tanggal 29 juli 2016 pihak pengembang atas nama Verawenta Br Surbakti menghubungi pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Lingga untuk melakukan penghancuran pembatasan jalan lau batu di lokasi rencana relokasi mandiri yang dibangun masyarakat.

2. Warga desa lingga mempertanyakan kepada pihak pengembang alasan penghancuran pagar pembatas jalan di rencana relokasi mandiri.

3. Pemerintah Desa (Pemdes) melakukan pelaporan ke pihak kepolisian atas tindakan sepihak yang dilakukan pengembang.

4. Polisi tidak merespon dan meneruskan laporan masyarakat lingga dengan alasan keberadaan hak alas jalan yang dituntu warga.

5. Dilain tempat, masyarakat desa lingga (ibu-ibu) menduduki jalan lau batu di lokasi rencana relokasi.

6. Warga desa lingga (ibu-ibu) mempertanyakan prmbangunan tenda kepolisian dilokasi rencana relokasi. Jawaban polisi tidak memuaskan dan balik mengancam warga dengan bahasa karo "la ku mbiar ku enteki, kubunuh ko kerina" sekaligus mengeluarkan dan menodongkan senjata api yang dipegang kepada warga. Oknum polisi bernama efraim (ket: mamak lia)

7. Warga emosi karena tindakan represif polisi, dan terpancing melakukan tindakan anarkis sehingga melakukan pembakaran terhadap pos polisi dan alat berat di lokasi rencana relokasi mandiri

8. Puluhan personel polisi mendatangi desa lingga dengan menggunakan 3 mobil colt diesel.

9. Polisi melakukan penangkapan dan pemukulan kepada warga desa yang mereka temui di sepanjang jalan simpang desa lingga menuju desa lingga.

10. Polisi memasuki gudang merpati, menghancurkan mobil yang terparkir berjenis colt diesel, kuda, sigantang sira, dan 2 sepeda motor, serta melakukan pengancaman kepada pemilik gudang merpati dengan senjati api.

11. Kapolres tanah karo memaki dan menodongkan senjata api kepada warga desa lingga bernama pian perangin-angin.

12. Polisi melakukan intimidasi kepada warga dengan melakukan penembakan keudara didepan masyarakat lingga.

13. Polisi melakukan perusakan didepan gudang spekulasi dan melakukan pemukulan kepada warga yang berada disekitar gudang spekulasi.

14. Polisi melakukan pemukulan terhadap pengendara mobik l300 dan pengerusakan mobil dengan menggunakan senjata laras panjang ya g didalamnya terdapat anak anak berumur 2 tahun.

15. Polisi kembali ke mapolres tanah karo dengan membawa 5 warga desa lingga.

16. Masyarakat lingga berkumpul di jambur desa lingga.

17. Sekitar pukul 19.00 ratusan masyarakat lingga mendatangi mapolres tanah karo.

18. Kedatangan masyarakat lingga menuntut dibebaskannya 5 warga lingga yang ditahan kepolisian.

19.polisi melakukan tindakan provokasi terhadap warga lingga yang mendatangi mapolres tanah karo.

20. Seputaran makam pahlwan dan mapolres tanah karo, polisi melakukan pemukulan terhadap Bapak Sinulingga (75 tahun)

21. Situasi semakin memanas dan tindak kekerasan mulai terjadi, polisi memukuli warga yang berkerumun, menembakkan gas air mata dan menembakkan peluru tajam kearah kerumunan massa.

22. 1 orang warga desa lingga meninggal dunia diduga terkena peluru tajam polisi, 1 orang kritis dibawa ke RSU Adam Malik medan, 19 orang lainnya mengalami luka berat dan luka ringan akibat tindakan represif polisi.

23. Sekitar pukul 21.30 wib warga desa lingga berhasil ditenangkan oleh pihak TNI dengan jaminan akan mengeluarkan masyarakat yang ditahan kepolisian.

24. Sekitar pukul 24.00 warga yang ditahan oleh polisi tiba di desa lingga.


An masyarakat lingga.
Kepala desa lingga
BPD desa lingga.
Perwakilan masyarakat desa lingga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar