Text Line

Kita Bangsa yang Besar, Jangan Mudah Untuk Diadu Domba

Teks

Mohon Maaf Jika Anda Kurang Nyaman, Karena Blog Masih Dalam Perbaikan

Minggu, 14 April 2013

Belajar Cepat Akting




Pembahasan kali ini mengenai bagaimana caranya anda bisa mengembangkan karir dalam hidup anda dengan cara berakting yang mudah. Postingan ini sengaja ditulis sangat sederhana dengan maksud agar mudah dipelajari oleh orang awam sekalipun.
Namun begitu tulisan ini akan jadi sia-sia kalau anda tidak melatihnya dengan benar dan bersungguh-sungguh, dan disarankan kepada para calon-calon aktor ataupun aktris untuk banyak bertanya, banyak membaca, banyak menonton, dan banyak LATIHAN.

Terkait dengan acara pelatihan Komedian, pengetahuan dasar AKTING inipun sangatlah relevan untuk dipelajari bagi peserta latih karena seorang Komedian juga adalah aktor ataupun aktris yang dituntut dapat berakting baik. Setelah anda membaca tulisan ini, maka anda sudah harus siap menerima peran apapun yang diberikan Produser/Sutradara.

Agar dapat memainkan peran dengan baik kita harus bersikap pasrah menerima serta mencintai peran tersebut tidak boleh ada penolakan dalam hati apalagi membencinya, karena ketika anda membenci peran yang akan dimainkan, maka akan timbul jarak antara anda dengan peran tersebut, akibatnya anda akan bermain buruk, atau bisa kita katakan juga dengan akting yang tidak hidup.

Akting adalah menghidupkan sebuah peran. Peran yang asalnya mati yang Cuma bisa dibaca dari sebuah skenario, harus kita hidupkan layaknya manusia seutuhnya yang mempunyai bentuk tubuh, gerakan, gerak-gerik, ekpresi wajah, vocal, pikiran serta perasaan.

Akting yang baik tidak akan datang begitu saja pada seorang aktor ataupun aktris, apalagi pada aktor ataupun aktris malas yang hanya menunggu kesempatan.

Akting yang baik dan prima akan menghampiri aktorataupun aktris yang mau kerja keras, latihan dan disiplin, tidak ada kata ”nganggur“ bagi seorang aktor ataupun aktris, karena setiap waktu luang akan dipergunakan untuk latihan, observasi, membaca, menonton atau mendiskusikan sesuatu yang berhubungan dengan seni peran.

Untuk menjadi seorang aktor yang handal pastilah diperlukan modal, seorang Pelukis modalnya adalah cat, kuas dan kanvas. Beberapa hal dibawah harus dapat kita ketahui jika kita ingin mendalami akting.

Pengertian Akting
Akting adalah segala kegiatan, gerak, atau perbuatan yang dilakukan oleh para pelaku. Akting meliputi mimik, pantomim, dialog, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan adegan aktor atau pemain drama.

Tujuan Akting
Tujuan akting adalah “to be a character”, yaitu mengekspresikan suatu perwatakan yang khas dari seorang tokoh.

Teknik Akting
Teknik akting terbaik ialah yang paling efektif dan yang berhasil mengekspresikan intent (maksud/ ide) penulis, intent adegan, dan intent karakter.

Untuk dapat berakting dengan baik, ada 10 teknik yang perlu diperhatikan.
  1. Metode tindak lahir
    • Aktor harus mengetahui lebih dulu motivnya berakting (dasar dan tujuan).
  2.  Kemampuan mengandaikan
    • Bila seseorang menjadi tokoh tertentu, maka ia harus memikirkan apa dan bagaimana yang harus ia lakukan ?
  3.  Kemampuan imajinasi
    • Menggambarkan / membayangkan sesuatu yang tidak ada.
  4. Konsentrasi
    • Seorang aktor harus memusatkan perhatian dan pikirannya pada peran yang ia bawakan.
  5.  Emosional memori
    • Seorang aktor hendaknya mengingat-ingat atau mengenang kembali pengalaman atau kejadian-kejadian yang pernah dialami sendiri yang kira-kira serupa dengan adegan yang dimainkannya.
  6. Kesatuan
    • Antar aktor yang satu dengan yang lain harus ada kerjasama yang bersifat kolektif.
  7. Harmoni
    • Setiap aktor harus berusaha menyesuaikan dirinya dengan peran/ perwatakan yang dibawakan (menghayati/ menjiwai setiap elemen yang berkaitan dengannya).
  8. Tempo irama
    • Tiap akting harus ada iramanya. Artinya, akting tidak boleh tergesa-gesa juga tidak boleh dilambat-lambatkan.
  9. Super objektif
    • Tiap aktor harus tahu siapa yang sedang memegang peranan penting dalam suatu adegan yang sedang berlangsung.
  10. Kebenaran dan keyakinan
    • Setiap aktor harus yakin akan peran yang dibawakan.

Penjelasan diatas merupakan dasar pengetahuan dalam mengetahui tentang akting. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Kalau ada Kritik, Saran, dan Informasi dapat menghubungi saya di uceinkisaran@gmail.com atau klik disini Semoga membantu.